SEJARAH DAN ARSITEKTUR GEREJA ST. DOMINIC MACAO (1)


SEJARAH DAN ARSITEKTUR GEREJA ST. DOMINIC MACAO (1)

Oleh: Eveline Y. Bayu

dscn0273

Membicarakan peninggalan bangsa Portugis di Macao memang tidak ada habisnya. Deretan gedung dan Gereja peninggalan Portugis masih terawat dengan baik di Macao. Setelah melihat Museum St Dominic Church (https://evelinegoesholiday.wordpress.com/2014/08/11/menelusuri-peninggalan-portugis-di-museum-st-dominic-church-macao/) saatnya melihat ke dalam Gereja St Dominic. Gereja St. Dominic terletak di kawasan Dominic Square, tepatnya di Tv. de São Domingos & Largo de São Domingos, Macao. Dapat dikatakan Gereja St Dominic termasuk Gereja yang paling aktif di Macao. Sering diadakan acara yang bersifat rohani dan kesenian disini.

dscn1279
Salah satu patung orang suci yang terdapat di dalam Gereja St. Dominic.

Latar Belakang Sejarah

Berawal dari delapan belas biarawan Dominicans dari Spanyol (merupakan penduduk asli Mexico) yang melakukan perjalanan ke Asia. Lima belas orang menetap di Philipina, sedangkan tiga orang melanjutkan Macao dan tiba di Macao pada tanggal 1 September 1587. Mereka adalah António de Arcediano, Alanos Delgado dan Bartolomeu Lopes. Mereka kemudian mendirikan biara dan Gereja St. Dominic. Sayangnya pada masa Viceroy of Goa, D. Duarte de Menezes, ketiga biarawan tersebut diusir dari Macao. Kejadian tersebut diperkirakan terjadi antara tahun 1584 – 1588, karena menurut buku An Historical Sketch Of Goa, D. Duarte de Menezes tiba di India sebagai viceroy (raja muda) pada tahun 1584 dan setelah lebih dari tiga tahun meninggal di Goa.
Pada tahun 1700an terjadi ketegangan gerejawi di Macao yang mengakibatkan Gereja St. Dominic ditutup pada tahun 1707 dan dibuka kembali pada tahun 1709. Di tahun 1738 Gereja St. Dominic diperbaiki karena rusak terkena badai hebat yang menghancurkan banguanan Gereja.
Pada tahun 1828, Gereja St Dominic dibangun ulang dengan bentuk seperti yang ada sampai saat ini.
Pada tanggal 5 Agustus 1836 terjadi badai hebat yang menghantam Gereja Katedral Macao, sehingga Gereja St. Dominic difungsikan sebagai katedral hingga tanggal 19 February 1850.
Pada tahun 1929, biarawan Manuel Joaquim Pintado memperkenalkan kepercayaan Our Lady of Fátima di Gereja St. Dominic. Tradisi itu hingga kini tetap dilakukan dalam bentuk perarakan patung Our Lady Fatima yang dimulai dari Gereja St Dominic menuju Penha Chapel setiap bulan Mei dan menjadi agenda wisata pemerintah Macao. Upacara perarakan diawali dengan adorasi dan, misa kudus terlebih dahulu.

perarakan-maria
Upacara perarakan Patung Maria yang dimulai dari Gereja St. Dominic, diadakan setiap bulan Mei (foto oleh: Yalina Arifin).

Pada tahun 1994, Gereja St. Dominic ditutup untuk umum karena alasan keselamatan. Tahun 1996 Territory Administration memutuskan untuk melakukan restorasi terhadap bangunan Gereja. Pada tanggal 1 Januari 1997 dimulailah restorasi yang menghabiskan dana sebesar MOP$ 11.000.000 dan sepenuhnya dibiayai oleh Territory Administration. Tanggal 23 November 1997, Gereja St. Dominic dibuka kembali untuk umum. Pada tahun 2005, Gereja St. Dominic termasuk salah satu bangunan di Macao yang ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Mengenai arsitektur Gereja akan dibahas di tulisan berikutnya.

macao-street-st-dominic
Sebuah lukisan berjudul Macao Street Scene yang mengambil latar belakang Gereja St. Dominic (sumber: https://ocw.mit.edu/ans7870/21f/21f.027/rise_fall_canton_04/cw_gal_01_thuml.html)

Sumber:

Kloguen, Denis L., An Historical Sketch Of Goa, The Metropolis of The Portuguese Settlement In India, Asian Educational Services, India 2055.
The Historic Monuments of Macao, The State Administration of Cultural Heritage The People of Republic of China, July 2015.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s